Komputer Gaming

Bagi para penggemar permainan komputer baik online maupun offline, pastinya sudah sangat familiar dengan istilah komputer gaming, bukan? Karena seperti yang diketahui, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini, permainan komputer memang semakin beragam dan bahkan tidak terhitung lagi jumlahnya. Yang mana tentunya menjadi sebuah kabar menggembirakan bagi para gamers.

Apabila dilihat dari sejarahnya, sebenarnya permainan komputer rumahan mulai naik daun setelah tahun 1983, yang juga terkenal dengan peristiwa “bedroom coder.” Kemudian, memasuki tahun 1990-an permainan di perangkat keras mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan oleh beralihnya minat publik kepada perangkat lebih praktis seperti ponsel dan sebagainya.

Namun seiring dengan perubahan zaman, permainan komputer kembali menaiki masa kejayaan. Terlebih dengan hadirnya produk new generation, yang mana sudah menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat pasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya pemburu perangkat PC khusus untuk bermain game, baik oleh para anak muda hingga kalangan tua.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Gaming

Saat memutuskan hendak membeli PC gaming, maka sudah seharusnya jeli dalam memperhatikan setiap aspek yang ada. Apalagi kalau yang akan dibeli adalah komputer rakitan, maka sebagai konsumen Anda dituntut untuk dapat bersikap bijaksana dalam menjatuhkan pilihan. Jangan hanya berdasarkan pada harga yang murah saja, maka kemudian ingin membeli suatu barang.

 

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli sebuah komputer gaming
:

  1. Processor
    Para gamers pasti sudah sangat paham mengenai fungsi dan kegunaan dari komponen yang satu ini. Karena processor merupakan komponen yang memiliki tanggung jawab paling besar terhadap kinerja atau performa dari sebuah komputer. Di samping itu, jangan pernah memiliki anggapan bahwa processor untuk game sama dengan yang ada di kantor.

    Oleh sebab pentingnya fungsi processor bagi kelangsungan hidup hobi bermain komputer Anda. Maka pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kualitas processor yang ingin dipilih. Misalnya saja untuk penggiat game kelas menengah atas, maka processor yang digunakan minimal harus seperti AMD Vishera FX (AMD), dan Intel Core i5/i7 (Intel).

  2. RAM
    Kapasitas atau besar space RAM dalam menampung sesuatu juga sudah seharusnya menjadi fokus Anda. Bagi para newbie, mungkin akan cukup sulit untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, seperti yang diketahui bahwa Anda juga harus tahu jenis RAM gaming. Biasanya, minimum RAM untuk gaming adalah 4 GB.
  3. Hardisk
    Berbeda dengan PC yang hanya digunakan untuk bekerja saja, PC gaming dituntut untuk memiliki performa lebih tinggi dalam segi hardisk. Karena disini Anda membutuhkan sebuah media penyimpanan dengan kapasitas memadai dan juga berkecepatan tinggi. Jika ingin performa lebih baik lagi, maka bisa menyelipkan SSD pada perangkat PC Anda.
  4. VGA
    Bagi para gamers senior, pastinya sudah tahu alasan kenapa VGA memiliki peranan sangat penting dalam komputer gaming. Dengan memilih jenis kartu VGA yang tepat, maka PC akan bisa menampilkan gambaran visual dengan kualitas lebih baik lagi. Karenanya, dalam membeli PC untuk main game, sebaiknya perhatikan segala hal.
  5. Power Supply
    Pemilihan sumber daya yang memadai juga harus turut diperhatikan. Hal ini dilakukan supaya komputer mendapatkan energi atau daya sesuai yang dibutuhkan. Sehingga sistem pada hardware bisa berjalan dengan mulus. Salah satu hal yang dapat diterapkan oleh para gamers adalah dengan memakai power supply berkekuatan tinggi supaya PC tidak

Sumber : Domain Murah DomaiNesia

admin Penulis