Kembangkan Bisnismu Dengan Bisnis Online

Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang pesat? Ingin merambah dunia online? Ingin memiliki website pribadi untuk usaha Anda? Jika ya, maka Anda akan membutuhkan domain dan hosting untuk membantu mempercepat akses konsumen pada website Anda. Saat ini telah banyak penyedia jasa hosting dan domain website di Indonesia. Sebelum Anda mengenal lebih jauh perusahaan penyedia jasa domain Indonesia sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu semua hal yang berkaitan dengan website. Sehingga Anda bisa memilih hosting seperti yang diinginkan website Anda.

Apa itu domain, hosting dan website?

Hal pertama  yang harus Anda kenali adalah Website.  Website (biasa disingkat dan dibaca “Web”) adalah halaman informasi yang ada di mesin pencari dan dapat diakses  melalui jaringan internet. Jika Anda membuka google atau yahoo, Anda akan mengetikkan kata kunci yang Anda cari. Misalkan Anda sedang mencari informasi tentang informasi manfaat buah naga untuk kesehatan. Maka mesin pencari akan menampilkan puluhan hingga ratusan alamat website atau situs dengan informasi yang Anda butuhkan. Semua itu adalah halaman informasi yang dapat Anda akses.

Berdasarkan fungsi dan kegunaan dari website, maka dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya sebagai berikut:

Website Komersial. Website inilah yang cocok untuk Anda yang akan melebarkan bisnis ke dunia online. Biasanya website komersial ini berisi informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Melalui website ini, pengunjung juga bisa melakukan transaksi jual beli, biasanya disebut dengan Shopping cart.

Website pribadi. Website ini berisi hal-hal pribadi yang ingin dibagikan kepada masyarakat luas. Seperti blog. Isi blog bermacam-macam bergantung pada pribadi pemilik masing-masing website. Bisa tentang pengalaman sehari-hari mereka. Anda bisa berinteraksi dengan pemilik blog melalui fitur komentar yang ada pada webnya.

Web pemerintahan. Website ini khusus untuk keperluan pemerintahan  resmi.

Web Non-profit. Halaman internet biasanya digunakan oleh lembaga swadaya masyarakat, komunitas, organisasi dan lembaga lainnya yang non profit.

Setelah Anda mengetahui apa itu website dan macamnya. Kini, saatnya Anda mengenali dan memahami apa itu hosting dan domain.

Hosting

Hosting adalah kapasitas memori yang Anda pakai pada server internet. Memori inilah yang akan menyimpan segala file, seperti gambar, file dan database website bisnis Anda. Penyedia hosting Indonesia saat ini banyak dan mudah kita temukan. Sebelum memilih penyedia jasa hosting, Ada beberapa hal yang berkaitan dengan hosting yang perlu Anda perhatikan, diantaranya yaitu kapasitas hosting. Biasanya kapasitas hosting dalam ukuran megabytes, gigabytes, dan terabytes. Semakin banyak database, file tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan, maka biasanya semakin mahal pula harganya.

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan besar kuota transfer data setiap bulan.  Kuota ini adalah kuota data yang dibutuhkan untuk lalu lintas data antara website dengan pengunjung website. Semakin sering website Anda dikunjungi oleh kosumen, maka semakin besar pula kuota transfer data per bulannya. Sehingga, bandwidth yang Anda pakai juga harus besar, untuk menghindari terjadinya loading lambat atau lola. Jika bandwidth atau kecepatan data per detiknya kecil, maka Anda harus siap-siap kehilangan konsumen. Karena biasanya konsumen membutuhkan website yang cepat dalam menampilkan informasi gambar dari barang atau jasa yang mereka pilih di website Anda.

Hal lain yang harus Anda perhatikan selain kapasitas memori atau hard disk dan kuota transfer data hosting yaitu banyaknya database dan akun email yang bisa Anda letakkan di hosting. Semakin besar kapasitas hosting yang Anda pilih, maka harganya semakin mahal pula.

Domain

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasikan alamat website server (web server) atau email server di internet. Domain memudahkan pengunjung untuk mengingat nama lapak online Anda. Ada beberapa jenis domain yang wajib Anda ketahui, seperti .com atau dotcommercial; .net atau dotnetwork; .org atau dotorganization; .edu atau doteducation; .gov atau dot government, dan lain-lain. Domain juga memiliki nama, jadi Anda dapat membuat nama domain di depannya. Seperti oolshop.com; jualanekaboneka.com, dan lain sebagainya.

Pebisnis online biasanya menggunakan domain .com. Namun domain yang anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan tema besar bisnis yang akan Anda jalankan. Misal penyedia jasa layanan pendidikan, maka Anda dapat menggunakan domain .edu.

Demikian catatan tentang halaman website online yang perlu Anda ketahui. Kini penyedia jasa IT untuk  membuat domainmaupun hosting website mudah sekali Anda temukan. Salah satunya di DomaiNesia. Tersedia beragam paket  dengan fitur hosting website dan domain yang ciamik di DomaiNesia. Semua dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi DomaNesia untuk memperluas pasar bisnis Anda.

 

admin Penulis